heyhafshah.com

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Review Buku Creating A New Life Karya Meisya Sallwa : Kita Perintis, Bukan Pewaris!

 

Halo guys! Kita balik lagi di review buku nih. Di pembahasan kali ini aku akan mengulas buku anak muda yang berjudul Creating a New Life. Buku Creating A New Life ini karya perdana dari Meisya Sallwa. Kalau kalian penasaran kenapa aku mengulas buku ini, jujurly dulu disaat aku kehilangan kepercayaan diri dan bingung akan cita-cita, aku mulai membaca buku ini dan menemukan insight yang berbeda hingga kepercayaan diriku tumbuh dan aku membuat masa depanku dengan warna yang baru dengan semangat yang baru. Penasaran kan kaya gimana buku ini kok bisa memberi insight yang luar biasa ke diriku, baca ulasanku tentang buku creating a new life versiku dalam artikel ini ya.

BUKU CREATING A NEW LIFE

 

Judul buku          : Creating A New Life

Penulis                  : Meisya Sallwa

Penerbit               : Gradien Mediatama

Tahun Terbit       : Oktober 2022

Tebal Buku          : 192 Halaman

Harga Buku         : Rp85.000,-

SINOPSIS BUKU CREATING A NEW LIFE

Meisya Sallwa bersama Najwa Shihab
Sumber : instagram @meisyasallwa

Siapa yang belum tahu Meisya Sallwa guys? Meisya Sallwa adalah seorang influencer asal Palembang yang kini menjadi inspirasi anak muda karena kontennya yang edukatif dan buku inspiratifnya yakni Creating a New Life.

Meisya Sallwa merupakan nama panggilan akrab di sosial media gadis kelahiran Palembang dengan nama asli Salwa Tuq Sadiah. Ia memulai karir sebagai hotelier dan berbagai pengalaman kerja lainnya di usia muda. Hal ini membuatnya sering  sharing tentang pengalaman karirnya di Tiktok yang ternyata mendapat respon yang luar biasa dari pengikutnya.

Creating a New Life ini merupakan buku pertamanya yang terbit di Gradien Mediatama. Buku yang ditulisnya ini merupakan output dan zoom out dari pengalamannya beberapa tahun lalu seputar meniti karir, kehidupan pribadi, juga tips & trik bagaimana memanage kehidupan agar dapat dihadapi dan dijalani dengan enjoy namun penuh strategis.

Kalau ditanya, buku creating a new life ini tentang apa? Seperti dijelaskan oleh penulisnya, Meisya Sallwa, buku creating a new life ini sebuah esensi untuk memaknai sebuah proses.

Anak-anak muda sangat direkomendasikan buku ini supaya tidak berpemahaman bahwa sukses itu hal yang sulit ataupun sukses itu instans. Sukses bisa diraih siapa saja dengan mudah, namun membutuhkan proses.

Hal yang sangat aku sukai dari buku creating a new life ini adalah kemasan bahasannya super ringan namun isinya daging banget. Buku ini tuh narablog penulis tentang esensi proses meraih kesuksesan.  Jarang banget ada anak muda yang mau membagikan pengalaman suksesnya ke orang lain sekomplit ini. Tentu di era teknologi yang semakin cepat dan juga pernah terjadi kasus kaya secara instan di sosial media, anak muda bisa belajar banyak dari buku ini.

Kalau ditanya ya, siapa sih yang nggak mau sukses atau kaya dalam waktu yang singkat? Kayanya semua orang kalau mau sih ya maunya begitu kan wkw. Tapi guys, sukses itu nggak ada yang instan, semuanya butuh proses.

Kalau kalian juga memiliki banyak dreamlist yang ingin diwujudkan, Meisya Sallwa juga menuturkan seperti ini,

 “Mari baca buku ini lalu ambil  sebuah kesimpulan dan mulai menata masa depan. Sukses bukanlah teori kawan, dibutuhkan sebuah perjuangan. Kata-katanya terdengar klasik, namun yakinlah sukses yang kamu raih dari sebuah proses akan membuat jiwa ragamu bahkan tak dapat terusik oleh siapapun”-Meisya Sallwa

Untuk Kategori self improvement,buku Creating a new life ini sangatlah ringan dan mengalir bahasannya dengan narablog yang kece dari penulis. Namun, ada beberapa hal yang sangat disayangkan dari buku ini. Kalau aku sih tetep rate 10/10 untuk buku ini, tapi kalau ditambahkan beberapa ilustrasi yang ciamik yang lebih banyak di beberapa poin quotesnya atau per ganti bab dan juga beberapa tulisan typonya di edit lebih teliti lagi, aku bakal rate 1000/10 sih hehehe.

Untuk keseluruhan isinya tidak usah diragukan lagi ya dari segi topik bahasan. Namun, kurangnya beberapa ilustrasi pada buku ini bisa bikin sepaneng atau bosan kalau menurutku. Untuk halamannya sih memang tidak setebel buku self improvement yang lain, cuman kalau ilustrasinya ditambah lagi kan bisa lebih asyik dan bisa bolak balik baca ulang kan. Apalagi, target utama buku ini adalah anak muda, tahu sendiri kan anak muda suka yang berwarna dan asik dilihat hehehe.

Selain itu,  mungkin juga kalau menurutku di bagian pembahasan pengalaman karir bisa ditambah penjelasannya atau pesan maupun tips buat anak muda. Topik inti dari buku ini adalah proses dan juga bagaimana menemukan insight menata masa depan yang baru, tentunya kalau ditambahkan bumbu-bumbu cerita,tips,dan pengalaman yang lebih banyak lagi akan semakin membuat buku ini keren. Pada beberapa case juga, orang-orang lebih suka melihat cerita pengalaman daripada teori sehingga membaca cerita pengalaman karir kan siapa tahu bisa menambah insight yang lebih banyak buat anak muda membuka wawasannya.

Ingat kita perintis, bukan pewaris! Itu adalah kata-kata yang sedang trending akhir-akhir ini di sosial media. Siapa yang sangka guys kalau ternyata quotes itu juga muncul di buku creating a new life ini. Bener-bener langsung berdampak ke anak muda ya, buat jari perintis bukan pewaris hehehe.

Buku Creating a new life ini bisa membuat para pembaca agar menjadi pribadi yang lebih tenang, tidak mudah senang, tidak mudah kagum, tidak mudah sedih, dan tidak mudah marah. Karena emosi adalah sesuatu yang mahal dan menguras energi, jadi kita harus memilih siapa saja yang layak mendapat energi, dan pengendalian diri adalah penggabungan antara keberanian dan empati seseorang.

Bab 5 Buku Creating A New Life

Sukseslah tanpa obsesi, tapi dengan ambisi. Ingat, pemenang sejati tidak bermain dengan curang, tetapi bermain dengan cerdas. Kesuksesan milik ia yang mau, bukan ia yang bisa. Pilihlah yang kamu mau, bukan yang kamu bisa. Karena ketika kamu mau, jiwa mudamu yang masih menggebu-gebu dan bersemangat akan membuatmu ringan mencapai hal yang kamu tuju. Transisi kehidupan remaja ke dewasa membuatku menyadari bahwa hidup penuh transaksi.

Hal yang manis selalu butuh pengorbanan dan kejujuran adalah sesuatu yang mahal, oleh karena itu tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Waktu, energi, pengalaman, ketiga hal ini adalah hal penting yang seharusnya perlu kita manfaatkan sebaik mungkin. Kelak kita akan merasakan karma baik ataupun buruk setelah transisi dari masa bersekolah lalu masuk ke dalam dunia kerja. Kejujuran adalah sebuah karakter yang dapat dibentuk melalui prosses. Jika sejak kecil kita terbiasa menerapkan perilaku jujur, kemungkinan jalan ke depan akan lebih ringan.

Tidak membiasakan diri berhutang karena uang itu tuan yang jahat dan pelayan yang baik. Tanamkan mindset untuk lebih baik menjadi kaya dalam waktu yang panjang, dibanding menjadi keren dan gaul hanya selama setahun dua tahun saja, karena sukses berinvestasi bukan datang dari pembelian barang-barang yang bagus, tetapi dari membeli barang dengan sebaik-baiknya.

Tidak mendramatisir keadaan. Jika kamu sakit, olah rasa sakitmu menjadi rasa optimis. Jika kamu marah, olah rasa sakitmu jadi energi. Jika kamu sedih, olah rasa sedihmu menjadi rasa syukur, syukur bahwa artinya kamu masih memiliki hati untuk merasakan kesedihan, karena orang yang tidak bisa merasa sedih bisa jadi hatinya sudah mati. Jika kamu dapat mengontrol dirimu, kamu dapat mengontrol orang lain. Hal tersebut dapat diterapkan untuk mencapai keseimbangan hidup.

Kita semua berhak sukses. Semua orang mau sukses, tapi tidak semua orang siap sukses. Semua manusia diberi kesempatan dan waktu yang setara dan adil oleh yang Maha Esa. Konsisten adalah kunci. Sukses tidak ada standarisasi, sukses tidak punya tolak ukur, sukses tidak bisa ditakar, sukseslah dengan caramu sendiri. Membuat peningkatan 1% setiap harinya jauh lebih bermakna ketimbang membuat peningkatan 90% hanya pada satu momen.

Mereka yang tidak punya integritas adalah mereka yang merugi. Mereka dimakan ego karena tidak bisa menyinkronkan perkataan dan perilaku mereka. Integritas harus dipelajari karena dapat membangun kepercayaan seseorang. Integritas bisa menjadi pondasi dasar yang kuat untuk menuju masa depan yang cerah.

Orang sukses itu hobi belajar, hobi mencari tahu sesuatu hal yang baru, terus mengasah knowledge dan skill tanpa merasa terbebani. Daripada sibuk mencari apa yang kamu inginkan dalam hidupmu, lebih baik mulai menciptakannya. Jika kamu memiliki motivasi tinggi dalam melakukan sesuatu, hendaknya kamu wajib bersyukur dan menghargai sebuah keistimewaan tersebut, karena tidak semua orang punya hal tersebut.

Melalui buku ini pembaca dianjurkan menjadi orang yang kerja cerdas, tidak hanya kerja keras. Dikarenakan orang cerdas adalah orang yang mampu menghargai dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum menghargai orang lain.

Menurutku, anak-anak muda kalau sedang bingung mencari ikigai atau tujuan hidup, sedang gegana dengan cita-citanya, bisa membaca buku creating a new life ini. Siapa tahu kan bisa mendapatkan insight yang berbeda hingga membuahkan hasil dari kebingungannya akan menata masa depan. Itulah review singkatku terkait buku Creating A New Life, semoga bermanfaat ya!

 

 

 

 

 

2 komentar

  1. Wah, menarik sekali bukunya, mbak. Bisa masuk wishlist anak saya ini. Sepakat banget sama bahwa anak muda sekarang harus disadarkan kesuksesan itu tidak seinstan yang tampak di video tiktok, hehehe...

    BalasHapus
  2. Mbak meisya benar2 menghargai dan menikmati proses. Aku kudet fgn yg hype di tiktok,penasaran dg apa itu hotelier

    BalasHapus