heyhafshah.com

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

  

Halo-halo guys, setelah kemarin berkecimpung di google analytic hingga google console, kini saatnya kita mengulik google news secara lengkap dan tuntas. Seperti yang sudah kita simak ya bestie, beberapa minggu lalu kita sudah membahas bagaimana cara memasang google analytic 4 hingga google search console. Kini saatnya kita membahas perintilan paling pamungkas untuk bisa membantu kita menjadi blogger profesional yakni Google News.

GOOGLE NEWS ADALAH..

Sumber gambar : sindonews

Google Berita merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci.

Google Berita membantu kita mengelola, menemukan, dan memahami berita. Kita dapat mengubah setelan untuk menemukan lebih banyak artikel yang diinginkan.

Btw guys, sebagai seorang blogger sangat dianjurkan untuk mendaftar google news ini sih. Soalnya guys, manfaatnya itu luar biasa banget bisa datengin banyak peluang sih harusnya xixixi. Eh, daripada menerka-nerka kita kupas yuk.

Google News memiliki pengunjung dan cakupan yang sangat luas sekali. Sekali kalian bisa mendapatkan tempat atau masuk ke Google News maka artikel dan website kalian akan mendapatkan pengunjung yang membludak.

Pembaca dapat mengkes Google News dapat diakses dari berbagai perangkat baik desktop maupaun mobile sehingga dapat mencakup pembaca yang sangat luas dan tentunya layanan ini dapat digunakan secara gratis baik dari sisi pembaca maupun creator (pemilik website).

Biasanya setiap smartphone atau perangkat yang mendukung Google Service akan meyediakan layanan Google News yang mana ini merupakan pasar yang sangat luas untuk meningkatkan pengunjung webiste kita.

Selain itu kalian bisa melakukan banyak kustomasi di Google News termasuk menyesuaikan konten yang akan muncul sesuai dengan pilihan kalian. Misalnya kalian bisa memilih konten yang akan muncul berupa konten otomotif ataupun konten olahraga.

Tentu ini menjadi peluang yang sangat besar bagi pemilik website, dengan kunjungan mencapai ratusan juga di setiap bulannya Google News dapat menjadi tempat bagi para bloger untuk mendapatkan pengunjung yang sangat berlimpah.

Blog yang bisa didaftarkan ke Google News itu juga bukan blog yang besar aja kok, Jadi ketika kalian punya blog pribadi dan kotennya tidak ada melanggar ketentuan dari Google News, Kalian bisa mendaftarkan blog kalian.

MANFAAT MENDAFTAR GOOGLE NEWS

Berikut ini manfaat yang kita dapat jika mendaftar google news :

1. Lebih Mundah Di Indexs Google

2.    Lebih Mudah Masuk Page One Search Engine

3.    Jumlah Pengunjung Bertambah Signifikan

4.    Meningkatkan Kredibilitas Website

5.    Peluang Mendapatkan Backlink

6.    Mengurangi Biaya Iklan Untuk Promosi Blog

Lalu, bagaimana cara kita mendaftar google news? Kan sudah daftar google analytic, google search console? Yups guys, google news ini tahapan pamungkas ya. Jadi, perlu ketelitian dan kesabaran dalam mendaftarkannya hehe.

CARA MENDAFTAR GOOGLE NEWS DENGAN MUDAH

1. Membuat logo favicon

Siapkan logo yang sama dengan akun blog kita. Logo  pada google news ini dengan ukuran yang akurat tidak boleh kurang atau lebih. Yakni 512 dan 200 pixel.

Teman-teman bisa membuat logonya di canva dan menyimpannya dalam bentuk file png.

Nah png ini kan sekitar 1080x1080. Langsung ke link untuk mengganti ukurannya langsung ke link berikut https://www.iloveimg.com/id/ubah-ukuran-gambar/ubah-ukuran-png#resize-options,pixels

Iloveimg atau ilovepdf ini andalanku sih, cepet dan mudah. Upload, ubah ukuran dan download. Selesai  

2. Membuat akun di google publisher 


Mendaftar di akun google publisher

Masuk dan membuat account di google publisher dengan klik link berikut:

https://publishercenter.google.com/?publication=CAowu7KmDA

(seperti kata coach Marita email yang digunakan untuk mendaftar google publisher/google news harus sama dengan akun yang digunakan untuk mendaftar agar mudah terverikasi atau direview)

Masukkan link blog ke halaman awal, klik add

Ketik nama akun yang ingin kita pakai

Ganti lokasi negara

Centang kotak boxes, lalu klik add publication

Di halaman publisher center

Klik open

General

Pilih kategori sesuai dengan niche blog/ genre terbanyak tulisan di blog (traveling/lifestyle/etc)

Untuk distributin ada yang spesifik mencantumkan nama-nama negara seperti malaysia atau indonesia, karena kita kan pakai bahasa Indonesia. Tapi klo mau world wide juga gpp

Content settings

New section

Pilih Add feed

Pilih namanya (bebas pakai nama blog juga gpp)

Masukan RSS atau atom feed url dengan: link dari google search console, atau pakai link ini aja https://www.heyhafshah.com/feeds/posts/default.

Ganti heyhafshah dengan nama link blog teman-teman ya

Kik Next

Jangan lupa untuk klik save biru di pojok kanan atas. 

Dalam kolom Review and publish, refres terus,

Biasanya butuh memasukkan gambar favicon atau kontak yang bisa dihubungi. Pokoknya lihat kendala apa yang perlu diselesaikan atau info apa yang perlu disi

(jangan lupa direfresh terus) sampai tidak ada masalah dan bisa dipublish,

Nah, setelah berhasil mempublish teman-teman tinggal menunggu saja sampai bisa terlihat tulisan LIVE pada akun publishergoogle kita. Memang sangat menyebalkan sih di bagian ini. Soalnya aku sempat mengalami kendala di dalamnya. Dimana saat akan publish, tulisan published yang seharusnya berwarna biru tetapi belum muncul-muncul juga. Kemudian muncul tulisan pusat penerbitan sedang masa perbaikan. Otomatis takut dan khawatir dong guys. Ini gimana ya jadinya. Akhirnya setelah lihat permasalahan teman-teman di grup blogspedia, ada juga yang mengalami kendala sepertiku. Dan, ternyata ya tidak ada step lanjutan atau trik khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut guys. Cukup bersabar dan menunggu saja untuk bisa publish dan tulisannya muncul LIVE. Memang di tugas bonus yang terakhir ini cukup struggle dan membuat pusing tujuh keliling guys wkwkw. Buat aku yang mempunyai kesabaran setipis tisu, ya secara berkala harus mau mengecek web publishergoogle apakah akun kita sudah muncul tulisan LIVE atau belum. Jadi, kuncinya ya harus bersabar hehehe.

Mungkin itu saja sih teman-teman untuk sharing cara mendaftar google news dengan mudah. Semoga bermanfaat ya, Tetap bersabar dan semoga berhasil ehehehe.

 

 

 

 


‹ Lebih lamaTerbaru ✓

Posting Komentar