heyhafshah.com

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Google Search Console, Tools Optimasi Website Terbaik!


 Halo guys kita balik lagi ke pembahasan perintilan blog. Untuk menjadi blogger yang proffesional tentu ada beberapa tahapan yang harus kita telusuri satu per satu xixixi. Salah satunya adalah google search console, yakni tools optimasi web yang bisa memudahkan kita para blogger. 

Halo guys kita balik lagi ke pembahasan perintilan blog. Untuk menjadi blogger yang proffesional tentu ada beberapa tahapan yang harus kita telusuri satu per satu xixixi. Salah satunya adalah google search console, yakni tools optimasi web yang bisa memudahkan kita para blogger. 

Dalam materi ini, disampaikan bahwa setelah materi bonus yang pertama yaitu memasang Google Analytic, ternyata masih ada lanjutannya guys, yaitu Google Search Consoler. GA 4 atau Google Analytic 4 ini saling berpasangan dengan Google Search Consoler. Wah, kok bisa? Iya guys, dikatakan juga katanya kalau Cuma Google Analytic 4 saja masih kurang lengkap tanpa adanya Google Search Consoler. Ceilah xixixixi.

Google Analytic kan sudah kita bahas ya guys pada artikel sebelumnya, nah sekarang kita move on alias lanjut ke materi selanjutnya yaitu Google Search Consoler.

APA ITU GOOGLE SEARCH CONSOLER?

Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Search Console adalah alat dari Google yang dapat membantu pemilik situs memahami performa situs di Google Penelusuran, dan mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tampilan di penelusuran demi mendapatkan lebih banyak traffic yang relevan ke situsnya.

Bagi para pemilik situs web dan penggiat SEO, alat yang bisa memberikan pengukuran hasil bisa membantu merencanakan untuk meningkatkan kualitas situs web dan peringkat di Google.


FUNGSI GOOGLE SEARCH CONSOLE

Nah, sudah paham kan guys apa itu pengertian Google Search Console. Lalu, apa sih manfaat atau fungsi dari Google Search Consoler ini? Simak yuk, berikut 8 fungsi dan manfaat Google Search Console :

1. Meningkatkan Traffic Organic

2. Mengetahui Keyword Populer di Google

3. Memperbaiki HTML

4. Memantau Halaman yang Diindeks Google

5. Mengalisis Potensi Masalah Situs Web

6. Mengoptimalkan Kecepatan Situs Web

7. Menganalisis Kecepatan Internal

8. Submit Sitemap

Tips & Trik Cara Memasang Google Search Console dengan Mudah

Guys, btw selama memasang Google Analytic kemarin aku sempat kesusahan xixixi. Tapi, ternyata ketika memasang Google Search Console ini lebih mudah. Kepo gimana cara memasangnya? Simak tips & trik cara memasang google search berikut ini ya.

1. Masuk ke dashboard blog, pilih menu Settings > Crawlers and indexing > klik Google Search Console

2. Akan muncul tampilan Welcome to Google Search Console

3. Fokus pada kotak yang sebelah kanan, yaitu pada URL prefix. Isikan URL website temen-temen, kemudian klik Continue

4. Setelah itu akan muncul pop-up warna putih-hijau yang memberikan informasi Ownership auto verified, pada pop-up ini klik Go to Property

5. Akan muncul pop-up warna putih-toska, Welcome to Search Console, klik Start

6. Akan muncul dasboard Google Search Console milik kita -yang tadi Url nya ditulis- cek di sebelah pojok kiri atas, itulah akun GSC pada domain yang tadi kita daftarkan. Langkah pembuatan akun Google Search Concole sudah selesai. Selanjutnya, kita akan melakukan verifikasi Google Search Console. 

7. Pada dashboard utama ini, klik Settings. Akan muncul data-data dari GSC domain yang dipilih. 

8. Pada kolom General setting > Owner verification > klik panah kanan. Akan muncul informasi 'You are a verified owner' dengan centang hijau

9. Fokus pada kolom Additional verification methods > Google Analytics > klik panah kanan > Verify.

10. Pada tahap ini, teman-teman terlebih dahulu membuka tab baru Google Analytics.

11. Jika sudah berada di dashboard Google Analytics, klik Settings (gambar roda gigi) > Admin > scroll ke bawah > Product links > Search Console links

12. Akan menuju halaman Search Console link, pada halaman ini belum ada link GSC yang tertaut dengan GA, maka dari itu, kita akan membuat lik. Klik Link 

13. Akan muncul pop-up Create a link with Search Console

- Tahap 1. Choose Search Console Property > klik Choose accounts > klik centang pada domain yang tadi kita submit > Confirm > Next

Tahap 2. Select Web Streams > Choose a data stream > Choose > Next

- Tahap 3. Review and submit > (cek apakah sudah benar data yang kita pilih) > Submit

Setelah klik Submit, akan muncul pop-up Result, nah ini adalah informasi bahwa link domain yang kita ajukan sudah berhasil. 

14. Pada dashboard Google Searc Console, klik Sitemap pada menu di sidebar sebelah kiri

15. Lalu akan muncul informasi sitemap, jika belum pernah submit maka akan kosong

16. Add a new sitemap > di sebelah url domain ketikkan sitemap.xml > Submit > akan muncul pop-up putih-abu tua Sitemap submitted successfully > Got it

17. Teman-teman akan dibawa kembali ke dashboard sitemap, nah akan terlihat sitemap yang baru saja kita ajukan sudah berhasil 

18. Selanjutnya adalah kita akan melakukan submit sitemap pada artikel yang ingin kita indeks

19. Caranya, copy link url artikel, copy di bagian atas Search > GSC akan melakukan Testing live URL > jika testing sudah selesai maka akan muncul hasil URL inspection > akan muncul informasi URL is a available to Google dengan centang hijau > klik Request Indexing akan muncul pop-up Indexing requesting > Got it

20. Setelah semua proses selesai dilakukan artinya teman-teman sudah selesai melakukan Submit link ke Google Search Console.

Pemasangan Google Search Console Berhasil

SELESAI...

Alhamdulillah, cukup singkat ya guys untuk cara memasang google search console. Jadi, gimana, udah lega kan ? Baiklah, semoga tips dan trik diatas bermanfaat ya teman-teman.

 

 


Posting Komentar