heyhafshah.com

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Bikin Artikel Dijangkau Banyak Orang ? Simak Cara Mendaftar Google News Berikut Ini!

Cara Memasang Google Analytic dengan Mudah, Lengkap dengan Tutorialnya!

 

Halo guys, kita balik lagi ke edisi perblogan lagi. Setelah sekian lama ceunah, wkwk habis hectic ya ceritanya. Beberapa waktu yang lalu, member blogspedia coaching batch 4 sudah melakukan graduating day ya teman-teman yaitu pada tanggal 27 Oktober 2023 kemarin yang bertepatan dengan Hari Blogger Nasional. Nah, kupikir materinya sudah selesai ya guys, tapi ternyata masih ada materi lanutan yaitu bonus xixixi. Pada materi lanjutan ini ada salah satu materi unik yang akan kita bahas sekarang yaitu cara memasang google analytic dengan mudah.

SEBELUM MASUK MATERI BONUS

Sebelum masuk materi bonus ini guys, sempet deg-degan banget karena pada sesi sebelumnya di graduating day bakal lulus atau nggak huhu. Alhamdulillahnya bisa lulus seneng banget alhamdulillah. Nah, setelah lulus kita diberikan materi bonus tentang cara memasang google analytic dengan mudah.

APA ITU GOOGLE ANALYTIC?

Gambaran Google Analytic
Sumber foto : xendit

Dilansir dari laman  support google, Google Analytics adalah platform yang mengumpulkan data dari situs dan aplikasi  untuk membuat laporan yang memberikan insight tentang bisnis kita.

Mengukur situs

Untuk melacak situs, pertama Anda harus membuat akun Google Analytics. Kemudian, Anda perlu menambahkan kode pengukuran JavaScript ke setiap halaman situs. Setiap kali pengguna mengunjungi halaman, kode pengukuran akan mengumpulkan informasi pseudonim tentang cara pengguna berinteraksi dengan halaman tersebut.

Untuk Google Store, kode pengukuran dapat menampilkan jumlah pengguna yang mengunjungi halaman yang menjual produk tempat minuman versus halaman yang menjual perabot rumah tangga. Atau, kode pengukuran juga dapat menampilkan jumlah pengguna yang membeli item seperti boneka Android dengan melacak apakah mereka mencapai halaman konfirmasi pembelian atau tidak.

Kode pengukuran juga akan mengumpulkan informasi dari browser seperti setelan bahasa, jenis browser (seperti Chrome atau Safari), serta perangkat dan sistem operasi tempat browser berjalan. Bahkan kode ini dapat mengumpulkan "sumber traffic”, yaitu hal yang pertama kali mengarahkan pengguna ke situs ini. Hal ini dapat berupa mesin telusur, iklan yang diklik, atau kampanye pemasaran email.

Pemrosesan dan pelaporan

Saat kode pengukuran mengumpulkan data, kode ini akan mengelompokkan informasi tersebut dan mengirimkannya ke Google Analytics untuk diproses menjadi laporan. Saat Analytics memproses data, data tersebut akan dikumpulkan dan disusun berdasarkan kriteria tertentu seperti apakah pengguna menggunakan perangkat seluler atau desktop, atau browser mana yang ia gunakan.

Namun ada juga setelan konfigurasi yang memungkinkan Anda menyesuaikan cara data tersebut diproses. Misalnya, Anda sebaiknya menerapkan filter untuk memastikan data tersebut tidak menyertakan traffic internal perusahaan atau traffic developer.

Setelah diproses Analytics, data akan disimpan di database yang tidak memungkinkan perubahan pada data tersebut.

Jadi ingat, saat Anda menyiapkan konfigurasi, jangan mengecualikan data yang mungkin ingin Anda analisis nanti. Setelah diproses dan disimpan di database, data tersebut akan muncul di Google Analytics dalam bentuk laporan.

CARA MEMASANG GOOGLE ANALYTIC

Untuk membuat akun:

Login ke Akun Analytics.

Klik Admin.

Di kolom AKUN, pilih Buat akun baru dari menu.

Klik Situs atau Aplikasi seluler.

Di bagian Menyiapkan Akun Anda:

Masukkan Nama Akun.
Gunakan nama yang spesifik dan deskriptif, sehingga Anda dapat mengetahui dengan mudah untuk apa akun tersebut saat melihat namanya dalam daftar Akun.

Setujui default untuk menambahkan akun ke organisasi Anda saat ini. Kosongkan kotak centang untuk membuat akun di luar organisasi.

Di bagian Menyiapkan properti Anda, masukkan Nama Situs atau Nama Aplikasi.

Jika Anda berencana melacak lebih dari satu properti di akun ini, gunakan nama yang spesifik dan deskriptif. Untuk aplikasi, sertakan nomor edisi atau versi. Hal ini akan membantu menjaga properti aplikasi tetap teratur di akun Anda.

(Khusus web) Masukkan URL Situs.

Anda tidak dapat membuat properti jika format URL Anda tidak benar.

Klik untuk meluaskan dan melihat cara memformat nama domain dengan benar.

Pilih Kategori Industri.

Pilih Zona Waktu Pelaporan.

Ini digunakan sebagai batas hari untuk laporan Anda, dari mana pun asal datanya.

Klik untuk meluaskan dan melihat lebih lanjut cara kerja setelan Zona Waktu Pelaporan.

Di bagian Setelan Berbagi Data, pilih setelan yang Anda inginkan. Pelajari lebih lanjut setelan berbagi data.

Klik Dapatkan ID Pelacakan

Buka laman blogger kita. Lalu, masuk ke theme. Pilih customized, dan backup dulu template sebelumnya sebelum kita otak-atik lagi kode HTMLnya. Takut ada apa-apa, ga harus memulai dari awal lagi guys...

Next, edit HTML ya.. dan kita kembali ke kode di google analytics. 

PARSING code yang ada di bagian tag instructions tadi, ke alaman web ini https://www.deevacollection.com/p/parsing-tools.html. Nah di sana ada parsing tool yaa.. Buat apa? Kode yang tadi kita copas dari tag instruction, masukin ke sini

Copy code to clipboard. Well.. Sekarang kita masuk ke laman edit HTML blogger kita yaa..

Lalu save yaaa... jangan lupa. 

Kita kembali ke laman google analytics tadi, akan sudah ada isi data website kita, lalu next. dan tampilannya sebagai berikut 

terserah mau dipilih apa, save aja lah ya... biar cepet. 

Well.kita akan masuk ke tampilan analitik google setelah kita sambungin ke situs web, seperti ini 

Yuk kita lanjut masuk ke web ini https://tagmanager.google.com/. Kita langsung create account aja yaa

 diisi sesuka kita nih. Target platformnya web aja yaa... Langsung "create" deh. 

Akan ada lembar persetujuan, di accept aja ya bestie


Lanjuuuut....kita akan bermain kode-kode lagi yaa

Ada 2 kotak kan di atas tuh. Masing-masing kotak ada kode HTMLnya (jangan pusing dulu yaa... caranya sama koq, kita tadi udah praktik di atas). 

Copy lagi kode yang ada di kotak pertama dulu. Lalu masuk ke laman parsing tool nya ini >> parsing tool. Lalu masuk lagi deh ke halaman parsing toolnya. Langkahnya seperti tadi ya, paste kode ke kolom, lalu parse code, dan copy code to clipboard

Trus kita masuk lagi ke blogger dan theme, edit HTML kayak tadi yaa... paste hasil parsingan codenya ke bawah <head> ini

Kemudian, giliran kode di kotak kedua. 

Sekarang sudah kita dapatkan data di google tag managernya. Kita sudah dapat nih empty containernya

Selanjutnya kita akan menambahkan tag ya.. di GTM (Google Tag Manager) ini. Caranya? Pilih di bagian workspace. Tampilannya seperti di bawah ini. Pilih add new tag ya

Pilih Google Analytics, lalu pilih google tag.

Tag ID diisi sesuai dengan IG Measurement yang di awal tadi kita simpan saat pertama membuat akun di google analitik.

Masih ingat kode tag nya? Kalau lupa, kembali ke web analytics google, pilih admin (atau tanda roda di pojok kiri bawah), pilih data stream, lalu di sana akan ada ID Measurement. Copy kode tersebut untuk dimasukkan ke google tag di atas. 

Well.. setelah itu tambahkan trigger di bawah tag configuration. Pilih saja "all pages". Lalu save.

Udah bertambah 1 tag ya kan. Lalu, apakah selesai? Belum donk. Hehe.. lanjut lagi kita harus hubungkan dengan situs web kita. Caranya dengan pilih preview  yang ada di bagian kanan atas laman tersebut. Maka akan muncul pop up berikut

Isikan alamat situsnya ya... dan connect. Dan... sudah terhubung. Yeyy..

Cek dulu apakah bener sudah terhubung??? Jangan-jangan ada yang salah atau miss... caranya, buka ke google analytics nya ya.. Lalu pilih admin, dan masuk ke data display dan pilih debug view

Nah..sudah beres? Hehe.. beluuum. Ada satu lagi yang harus dilakukan, yaitu SUBMIT. di laman workspace GTM tadi ya.. klik tombol SUBMIT, akan muncul pop up berikut. Isi version name sesuai keinginan, dan PUBLISH. 

Dan.. sudah aktif yeayyy..

Logo GA 4

Cek TERAKHIR, di Google Analytics yaa... apakah data collection kita sudah aktif? Pilih bagian HOME. dan ....

Nah teman-teman, kira-kira itu tadi cara memasang Google Analytic dengan mudah dengan tutorial dan panduan lengkapnya. Semoga bermanfaat ya!

 

 

Posting Komentar